BI : Kebijakan Makroprudensial Tetap Akomodatif

Bisnis.com, JAKARTA – Bank Indonesia menjamin kebijakan makroprudensial akan tetap akomodatif selaras dengan kondisi global dan sesuai kesepakatan dalam rakorpusda.

Direktur Departemen Kebijakan Makroprudensial Retno Ponco Windarti menyatakan Bank Indonesia baru akan menangkap arah kebijakan Bank Indonesia pada Kamis (19/9/2019). Dia menilai keputusan atas suku bunga acuan masih berlanjut sampai besok siang.

Meski demikian dia menyebut bahwa peluang pelonggaran kebijakan makroprudensial juga akan disesuaikan dengan rakorpusda yang disepakati beberapa waktu lalu.

“Kebijakan makroprudensial masih belum berubah arah, masih akan akomodatif seperti yang disampaikan di rakorpusda yang lalu,” kata Retno kepada Bisnis, Rabu (18/9/2019).

Bisnis mencatat, ada 7 kesepakatan dalam rakorpusda. Salah satunya adalah mendorong pembiayaan melalui pembiayaan yang berwawasan lingkungan yaitu green financing melalui pelonggaran loan to value (LTV) dan uang muka, serta pelebaran Rasio Intermediasi Makroprudensial (RIM) dan perluasan cakupan komponen sumber funding.

Sementara itu Ekonom Bank BCA, David E. Sumual menyatakan pada Rapat Dewan Gubernur BI September ini, bank sentral diprediksi akan menahan suku bunga pada angka 5,50 persen.

“Saya kira akan tetap¬†stay¬†5,50 persen,” jelasnya.

Sumber: Klik Disini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *