Survei BI: Persepsi konsumen akan kondisi ekonomi saat ini menurun

KONTAN.CO.ID –  JAKARTA. Persepsi konsumen terhadap kondisi ekonomi saat ini melemah pada bulan Agustus 2021. Menurut hasil survei konsumen Bank Indonesia (BI), ini tercermin dari Indeks Kondisi Ekonomi (IKE) Saat ini yang sebesar 59,4 atau lebih rendah dari 67,1 pada bulan Juli 2021.

Tak hanya menurun, IKE saat ini pun berada di zona pesimistis, atau indeks di bawah 100. 

Direktur Eksekutif, Kepala Departemen Komunikasi BI Erwin Haryono mengatakan, penurunan persepsi konsumen terhadap kondisi ekonomi saat ini tak lepas dari adanya pembatasan aktivitas. 

“Adanya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3 dan 4 di berbagai wilayah di Indonesia berdampak pada kembali menurunnya aktivitas ekonomi dan terbatasnya penghasilan masyarakat,” ujar Erwin dalam laporannya, Rabu (8/9). 

Erwin kemudian memerinci, keyakinan konsumen terhadap penghasilan saat ini melemah. BI mencatat Indeks Penghasilan Saat ini sebesar 63,4 atau menurun dari 74,1 pada bulan Juli 2021. 

Penurunan ini disebabkan oleh penurunan penghasilan rutin (gaji/upah/honor) maupun omzet usaha, karena masih adanya PPKM level 3 dan 4 di berbagai kota khususnya Jawa dan Bali. 

Keyakinan konsumen terhadap ketersediaan lapangan kerja pada Agustus 2021 juga tercatat menurun. Indeks Ketersediaan Lapangan Kerja tercatat 40,3 atau menurun dari 50,1 pada bulan Juli 2021. 

Menurut kelompok pendidikan, penurunan indeks ini terjadi di seluruh kelompok pendidikan, terutama responden dengan latar belakang pendidikan SMA dan Akademi. 

Sejalan dengan penurunan keyakinan terhadap penghasilan dan ketersediaan lapangan kerja, keyakinan konsumen untuk melakukan pembelian barang tahan lama (durable goods) pada Agustus 2021 juga mengalami penurunan. 

Ini terlihat dari indeks pembelian durable goods yang sebesar 74,3 atau menurun dari 77,2 pada Juli 2021. Penurunan indeks terjadi pada mayoritas kategori tingkat pengeluaran, terutama responden dengan pengeluaran Rp 3,1 juta hingga Rp 4 juta. 

Sumber: Klik Disini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *