MENYAMBANGI SD AL KHAIRRIYAH KOTA TEGAL.

By Ngadimin 03 Jun 2022, 08:05:34 WIB Sekitar Kita
MENYAMBANGI SD AL KHAIRRIYAH KOTA TEGAL.

Keterangan Gambar : Kepala sekolah Drs Nasir


Sekolah Dasar Al Khairriyah yang terletak di Jl Gandaria 2 kota Tegal adalah sebuah sekolah swasta dibawah Yayasan Al Khairriyah kota Tegal. Sebuah sekolah swasta yang  tergolong sangat tua yang dibangun oleh para ulama sepuh dan para habaib sepuh. Pembina yayasan adalah Habib Ali Zaenal Abidin SE, M.Hum, yang menjabat sebagai wakil ketua DPRD Kota Tegal dengan ketua Yayasan Al Habib Mahdi Al Hiyed yang merupakan pembina Jamaah Ahhabul Mustofa Kab Tegal. Baik pembina dan ketua Yayasan semuanya adalah alumni SD Al Khairriyah. Banyak dari alumni SD Al Khairriyah menjadi pendakwah yang terkenal seperti Habib Tohir bin Abdullah Al Kaff dan keluarganya. Serta yang lainnya. 

Kami mencoba menyambangi pelaksanaan PPDB(Penerimaan Peserta Didik Baru) Tahun ajaran 2022, hasil wawancara dengan salah satu panitia PPDB Pak Usman, bahwa penerimaan murid baru selain kelas full day scholl juga untuk  tahun ini dengan membuka 'Kelas Unggulan'. Dimana kelas ini hanya menampung 15 orang saja. Kelas unggulan ini adalah sebuah kelas yang dalam proses belajar  mengajarnya dengan fasilitas infrastruktur yang modern, ruangan ber AC, media pembelajaranya memakai laptop, guru-gurunya di datangkan sesuai akhlinya. Ketika masuk harus lewat beberapa tahap test, hingga test kecerdasan anak. SD Al Khairriyah sedang bebenah diri untuk mencapai kualitas dan mutu, bukan lagi kuantitas. 

Kurikulum yang dilakukan dalam proses belajar mengajar memakai kurikulum merdeka, untuk bisa mendriver  nya maka kepala sekolahnya harus melampai tahap test kepala sekolah kurikulum merdeka. SD Al Khairiiyah dengan kepala sekolahnya Drs Nasir, telah mengantongi sertifikat kelulusan kepala sekolah kurikulum merdeka. Kurikulum merdeka berbeda dengan kurikulum 2013 yang bersifat cognitif, kurikulum merdeka dengan proses belajarnya tidak hanya sasaranya anak didik mengusasai ilmu pengetahuan saja, akan tetapi siswa bisa ber sosialisasi dengan lingkungan dimana berada untuk  ber kolaborasi dengan kebijakan lokal agar siswa belajar ber adaptasi terhadap lingkungan bisa hidup kreatif, disiplin, dan mempunyai jiwa yang toleran yang tinggi terhadap kebinekaan yang ada, sehingga sikap mentalnya beriman, bertaqwa, cerdas, peka terhadap lingkungan,toleran sehingga bisa melaksanakan seluruh sendi-sendi yang ada di Pancasila yang merupakan dasar negara. 

Baca Lainnya :

Tegal, Kontributor : Prasojo




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment